Panduan tips blogger | SEO | Pengetahuan Umum | Berita

MENGAPA PLUTO TIDAK LAGI MASUK URUTAN TATA SURYA

Hay semua pembaca yang menemukan artikel ini baik dari google maupun dari search enggine lainnya itu tidak masalah ,...,yang penting hasrat saya untuk Sharing sudah terpenuhi...( gaya dikit ,hehehe ) langsung saja saya akan membahas  MENGAPA PLUTO TIDAK LAGI MASUK URUTAN TATA SURYA 
langsung saja saya mulai dari sejarah Planet yang satu ini,.,.,..,. 

Sejarah Pluto

Pluto ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930. Sejak saat itu dia menjadi anggota Bimasakti yang paling jauh letaknya. Jarak Pluto dengan matahari adalah 5.900,1 juta Km. Pluto memiliki diameter yang mencapai 4.862 Km dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk Pluto mirip dengan Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -2330Celsius sampai -2230 Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es.

Asal-usul Nama

Setelah aku baca., masalah nama aja sempat menjadi kontroversi. Ada yang beranggapan nama Pluto diambil dari tokoh karakter anjing dalam kartun Walt Disney, mereka beranggapan gitu soalnya tokoh kartun ini memulai debutnya pada tahun yang sama dengan penemuan Pluto ini.
Nama Pluto juga merupakan nama seorang dewa dari kebudayaan Romawi yang menguasai dunia kematian (Hades dalam kebudayaan Yunani). Nama ini diberikan mungkin karena benda angkasa ini sama gelap dan dinginnya dengan dewa tersebut,selain juga misteri yang menyelimutinya.
Ternyata banyak nama lain yang pernah ditolak untuk menamai planet baru tersebut. Salah satunya adalah Minerva, yang berarti dewi ilmu pengetahuan. Alasannya jelas, karena nama tersebut sudah dipergunakan untuk hal yang lain. Lalu ada nama Constante, merujuk pada nama pendiri observatorium tempat Clyde bekerja, Constante Lowell. Namun pemberian nama Lowell juga ditolak secara perlahan-lahan. hm…, :D

Alasan Kenapa Bukan Planet

1. Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es.
2. Ukurannya yang kecil, tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat licek / kecil :D .
3. Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus
4. Pluto berukuran hampir sama dengan satelit”nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan disebut planet

Nama RESMI Pluto

76 tahun sudah Pluto menyandang “gelar” planet, tapi setelah melalui mekanisme voting pada akhir sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) di Praha, Ceko, pada 24 Agustus 2006, para astronom sepakat bahwa pluto statusnya bukan planet lagi.
Terus namanya apa donk skarang? Pada 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita. Say Goodbye for “Pluto”

Berapakah Jumlah Planet di Galaxy BimaSakti?

Studi terbaru menyatakan bahwa Bimasakti memiliki lebih banyak planet daripada bintang. Jumlah planet diperkirakan mencapai 160 miliar, sedangkan jumlah bintang adalah 100 miliar. Studi ini dilakukan oleh Arnaud Cassan dari Paris Institute of Astrophysics.
Berdasarkan riset, peneliti menunjukkan bahwa 1/6 (seperenam) Bimasakti dihuni oleh planet seukuran Jupiter, 1/2 (setengah)-nya oleh planet seukuran Neptunus dan 2/3 (dua pertiga)-nya oleh super-Earth (1-10 kali massa Bumi). Itu pun hanya yang ada pada jarak yang sudah terdeteksi.
Ok.., itulah alasannya knapa 134340 (Pluto) tidak lagi disebut planet . Smoga bisa menambah wawasan kita .
Sumber : Wikipedia , Kompas , Kaskus

Semoga dapat membantu.,.,.,.,.,

0 comments "MENGAPA PLUTO TIDAK LAGI MASUK URUTAN TATA SURYA ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

PERINGATAN.
komentar yang tidak berkaitan dengan artikel, komentar spam / link secara langsung, promosi atau tidak menggunakan nama yang sebenarnya akan tidak di publikasikan.
Mohon gunakan dengan bijak kolom komentar di bawah ini