Panduan tips blogger | SEO | Pengetahuan Umum | Berita

Fenomena Alam Tentang Laut Mati



Laut mati - Hai sobat beginerblog Tahukah sobat tentang Laut Mati? Mungkin Dengan mendengar namanya saja kita sudah meringding Iya kan?
Laut Mati adalah danau raksasa yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania (merupakan perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina). Mengapa disebut danau karena berada pada daratan, istilah laut di pakai dikarenakan begitu luasnya dimana panjangnya mencapai 76 km dan lebarnya mencapai 16 km, jadi bisa di bayangkan kalau danau ini begitu luas . Tetapi danau ini telah mengalami penyempitan dan pengurangan debit air disebabkan oleh penguapan yang berlebihan dan kurangnya pasokan air dari Sungai Jordan.Disebut laut karena selain luas juga mengandung kadar garam seperti pada umumnya laut-laut yang lainnya bahkan  sangat tinggi.
Laut Mati berada 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.
Kadar garam yang begitu besar pada laut ini membuat kita bisa mengapung diatasnya tanpa susah susah berenang, bahkan sambil membaca buku sekalipun. Aneh memang, tapi itulah kejadian alam yang merupakan kebesaran Alloh.  Konon kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % ( itu berarti 9 kali lipat dari kadar garam laut normal yang sekitar 3,5 %. Karena kadar salinitas nya tersebut maka semua benda bisa mengapung diatasnya.
Danau ini dinamakan Laut Mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini. Sejak dulu material yang terdapat dalam Laut Mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Selain banyak mengandung garam klorida, Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium. Mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantuk kesehatan. Hal ini sudah lama diketahui oleh King Salomon, Cleopatra dan Herod the Great sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.
Terjadi penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap tahunnya dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai Jordan banyak di pakai untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang dan penguapan nya sangat tinggi, inilah yang menyebabkan mengapa laut ini menjadi asin. Tak ada ikan yang hidup di situ, dan air laut mati bila terkena mata akan sangat perih.
Israel, Palestina dan jordania sepakat untuk menyelamatkan laut mati ini karena dampak bila terjadi kerusakan pada ekosistem laut mati ini akan sangat buruk bagi kawasan tersebut, tindakan penyelamatan antara lain menyuplai air dari laut merah ke laut mati dengan membuat kanal kanal untuk menghubungkan kedua laut tersebut yang jaraknya sekitar 200 Km, Permukaan air Laut Mati diperkirakan telah mengalami penyusutan dari 392 meter di bawah permukaan laut menjadi 416 meter dan sedang menurun ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan.

0 comments "Fenomena Alam Tentang Laut Mati", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

PERINGATAN.
komentar yang tidak berkaitan dengan artikel, komentar spam / link secara langsung, promosi atau tidak menggunakan nama yang sebenarnya akan tidak di publikasikan.
Mohon gunakan dengan bijak kolom komentar di bawah ini