Panduan tips blogger | SEO | Pengetahuan Umum | Berita

Pertolongan pertama Akibat sengatan Kalajengking

Pada  postingan saya kali ini..,saya akan membahas tentang cara untuk memberikan 
pertolongan pertama kepada seseorang yang tersengat Kalajengking
Kalajengking tergolong menjadi dua jenis. Ada jenis Kalajengking yang membahayakan dan ada juga yang tidak membahayakan. Dari kedua macam kalajengking tersebut sebaiknya kita tetap harus mewaspadainya karena meskipun tidak membahayakan akan tetapi sengatannya itu rasanya sakit bukan main. Oleh sebab itu, apabila ada orang yang terkena sengatan kalajengking sebaiknya kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan atau pertolongan yang lebih baik.

Ada pun gejala akibat sengatan dari kedua jenis kalajengking tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Kalajengking yang Membahayakan

- Nyeri otot

- Kejang-kejang

- Mual dan Muntah

2. Kalajengking yang Tidak Membahayakan

- Terjadinya Pembengkakan

- Kemerah-merahan pada bagian yang kena sengatan

- Rasa sakit yang terus menerus

Cara Penyembuhan :

  • Penderita akibat sengatan kalajengking diupayakan agar selalu berada pada posisi tenang atau santai (rilex). Sebab, jika merasa tidak tenang ataupun gelisah akan mengakibatkan cepatnya racun menjalar kedalam tubuhnya.
  • Penderita sebaiknya berbaring saja dengan posisi jantung lebih tinggi agar racun kalajengking yang akan menjalar ke arah jantung dapat tercegah.
  • Kemudaian segeralah keluarkan racun kalajengking tersebut dengan cara memencetnya dengan kedua tangan. Namun sebelum memencet sebaiknya tangan anda harus dicuci dulu.
  • Setelah itu cuci pada bagian yang terkena sengatan kalajengking dengan air hangat pake sabun. Kemudian teteskan larutan amoniak pada bagian luka yang sudah dibersihkan tadi.
  • Selanjutnya jika dari langkah-langkah tersebut masih saja atau tidak ada perubahan, sebaiknya anda membawanya kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.
Demikan artikel dari saya tentang Tips Mengobati Akibat Sengatan Kalajengking. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anda. Namun manusia hanya bisa berusaha dan berusaha sekeras mungkin. Dan Tuhanlah Yang Maha Menentukan Segala Sesuatu.
Semoga dapat membantu...

Baca Juga tentang :

0 comments "Pertolongan pertama Akibat sengatan Kalajengking", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

PERINGATAN.
komentar yang tidak berkaitan dengan artikel, komentar spam / link secara langsung, promosi atau tidak menggunakan nama yang sebenarnya akan tidak di publikasikan.
Mohon gunakan dengan bijak kolom komentar di bawah ini